10 July 2012

Menikmati secangkir kopi Yunani

Kopi Yunani (ellinikos kafes) adalah minuman paling populer di Yunani. Anda bisa menjumpai orang Yunani menyeruput secangkir kopi dimana saja: di rumah, di kantor ataupun di kedai-kedai kopi.



Kopi Yunani mempunyai sejarah yang cukup panjang. Pedagang Arablah yang pertama kali menemukan jenis kopi ini di perbukitan Ethiopia pada abad ke-15 dan membawanya ke negeri mereka. Dimulai dari Yaman kemudian kopi menyebar ke Turki yang mengenalkan minuman ini kepada orang Yunani pada abad ke-16. Kopi kemudian menjadi sangat populer di Yunani sehingga memperoleh nama Kopi Yunani bukan lagi kopi Turki ataupun kopi Arab.

Perbedaannya dengan kopi Turki, biasanya rasa kopi Yunani lebih ringan dan perbedaan lainnya, orang Yunani jarang menambahkan aroma rempah-rempah ke dalam kopi mereka.

Bahan dasar dari kopi Yunani adalah biji kopi yang segar atau bubuk kopi halus yang sangat berkualitas (kualitasnya di atas espresso). Anda tidak akan membutuhkan gula lagi, karena gula ikut diseduh bersama-sama kopi. Bila anda memesan kopi Yunani di kedai kopi ada beberapa tingkat kemanisan yang dapat anda pilih:

-Pikro : Pahit
-Sketos: Tanpa gula
-Metrio: sedang, gula kira2 1 sendok teh
-Maloglyko: hampir manis, gula kira2 1,5 sendok teh
-Glyko: manis, gula kira2  2 sendok teh
-Variglyko: sangat manis, gula lebih dari dua sendok teh

Proses pembuatan kopi Yunani

Untuk membuat kopi Yunani kita membutuhkan semacam panci kecil bergagang yang terbuat dari tembaga atau kuningan yang disebut briki. Briki ini merupakan panci khas Yunani yang mempunyai karakteristrik menyempit pada bagian lehernya. Gunanya supaya lebih mudah untuk membentuk foam (kaimaki) di atas kopi.

Walaupun briki biasanya terbuat dari tembaga atau kuningan, sekarang briki sudah diproduksi secara masal menggunakan bahan stainless steel yang lebih tahan lama. Gunakan ukuran briki yang sesuai untuk membuat kopi dan foam dengan baik. Contohnya jika anda akan membuat dua cangkir kopi gunakan briki yang berukuran 2 cangkir. Jika anda menggunakan panci yang lebih besar ukurannya, anda akan kesulitan untuk membentuk foam.

Cara pembuatan untuk secangkir kopi Yunani:
-isi briki dengan air dingin seukuran satu cangkir
-tambahkan 1-2 sendok teh kopi Yunani dan gula sesuai takaran yang diinginkan.
-letakkan panci di atas kompor dengan nyala api kecil. Sangat penting untuk menggunakan nyala api kecil dan air dingin untuk lebih mengeskstrak rasa kopi. Anda tentu saja bisa menggunakan kompor gas dalam proses ini.




Setelah air kopi di dalam briki hampir mendidih dan foam mulai muncul di atasnya, angkat briki dari atas kompor dan tuangkan kopi ke dalam cangkir… sebaiknya anda tuang pelan-pelan supaya foam kopi tetap berada di atas. Bila anda tidak memindahkan briki dari api tepat pada waktunya, kopi akan lebih cepat berbusa dan foam akan berceceran kemana-mana! Hati-hatilah jangan sampai hal ini terjadi.

Tips dan trik: Ada trik lama bagaimana menjaga foam tetap di atas dalam penyajian dua cangkir atau lebih. Anda harus memindahkan foam ke cangkir kopi dengan menggunakan sendok teh secara manual.

Ada yang mendidihkan kopi cukup hanya sekali tetapi sebagian yang lain sampai dua kali dan ada yang menyeduh kopi sampai mendidih minimal tiga kali. Pengadukan kopi juga dilakukan secara berbeda. Sebagian orang mengaduk kopi hanya di awal penyeduhan saja tetapi  ada juga yang mengaduk sampai mendidih untuk membuat foam lebih banyak. Anda dapat bereksperimen sendiri dalam membuat kopi Yunani sesuai dengan selera anda.

Secara tradisional, kopi Yunani disajikan dalam cangkir kecil dengan tatakan. Tidak ada sendok karena gula ataupun krim tidak perlu ditambahkan dalam kopi Yunani. Biasanya malah segelas air dingin yang ikut disajikan bersama cangkir kopi. Anda juga bisa mengemil kudapan seperti cookies (koulourakia), halva atau blakava sebagai teman sambil duduk santai menikmati secangkir kopi hangat Yunani.



Artikel diambil dari http://www.freshcoffeeshop.com/Coffee/el/brewing-methods/greek-coffee
Sumber foto (1) Greek Coffee by Makednos flickriver.com, foto lainnya dari http://www.howaboutsomegreektonight.com/greekcoffee.php

No comments:

Post a Comment