01 May 2012

A Day at the Acropolis Museum










Acropolis Museum meluncurkan sebuah program baru, yaitu ‘Sehari di Museum Acropolis’ yang mengajak para pengunjung untuk beraktifitas di dalam museum selama sehari. Apa saja kegiatan dan fasilitas yang akan anda dapatkan di Museum Acropolis?

Menjelajah ruang galeri museum
Anda dapat berpetualang melihat-lihat koleksi benda bersejarah yang dipamerkan di dalam museum dan bertanya kepada staf ahli arkeologi museum. Mereka dengan senang hati akan menjawab pertanyaan dan menjelaskan apa saja yang anda tanyakan. Dari balkon di lantai dua museum, anda dapat melihat pemandangan spesial dan yang tidak terduga dari ruang Archaic Gallery. Jangan lewatkan untuk mengunjungi ruang Parthenon Gallery di lantai tiga dengan pemandangan lanskap Acropolis yang unik.

Melihat konservasi Caryatids secara langsung
Museum Acropolis telah melakukan konservasi dan restorasi dari pilar Caryatids, yaitu pilar dari serambi selatan di kuil Erechtheion, Acropolis, yang berbentuk patung perempuan. Anda dapat menyaksikan secara langsung proses konservasi pembersihan Caryatids dengan teknologi laser terkini.



Photo: Thanassis Stavrakis/Associated Press



Mengikuti 'Family Backpack'
Museum mengajak anda dan keluarga untuk mencari 12 simbol berbeda yang menggambarkan dewi Athena di antara koleksi museum yang dipamerkan. Anda hanya diminta untuk menitipkan kartu identitas di Bagian Informasi Museum dan akan mendapatkan tas yang berisi brosur tentang dewi Athena. Anda dan keluarga bisa menjelajahi isi museum sambil mengingat-ingat mitos tentang Athena, dewi kebijaksanaan, budaya, seni dan juga pelindung kota. Tugas anda dan keluarga adalah menemukan patung-patung Athena di antara koleksi museum yang lain. Anda dapat mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kegiatan tersebut di sini .

Mendengarkan bincang-bincang di galeri museum
Anda dapat mengikuti presentasi singkat yang dibawakan oleh staf ahli arkeologi dari museum dalam bahasa Yunani dan Inggris setiap hari Jumat (jam 5.15 sore), Sabtu dan Minggu (jam 4.30 sore). Namun peserta dibatasi hanya untuk 20 orang pengunjung per sesi. Tiket acara bisa anda dapatkan di Bagian Informasi Museum setiap hari Jumat (mulai jam 3 sore), hari Sabtu dan Minggu (mulai jam 12.30 siang). Selain itu staf ahli arkeologi siap menjawab pertanyaan anda tentang benda-benda yang dipamerkan di museum setiap hari dari jam 9.30 pagi sampai jam 5 sore.

Menonton video
Anda dapat mempelajari lebih jauh tentang hiasan ukir-ukiran Kuil Parthenon dari video yang diputar di lantai tiga dekat pintu masuk ke ruang galeri Parthenon.

Bersantai sambil menikmati makanan
Museum mengundang anda untuk makan atau sekedar melepas lelah di restoran yang berada di lantai dua dengan pemandangan Acropolis (tersedia juga menu untuk anak-anak). Saat cuaca cerah, anda dapat duduk-duduk di luar balkon restoran yang terbuka. Selain itu, ada juga kafe kecil di lantai dasar dengan pemandangan penggalian situs arkeologi yang berada di lantai bawah museum.

Area membaca dan wi-fi
Museum menyediakan area untuk membaca dengan akses wi-fi secara gratis di luar restoran lantai dua. Anda dapat membaca buku-buku tentang Parthenon atau beristirahat sambil menjelajah dunia maya dengan laptop anda.


Souvenir khas museum


Kunjungan anda ke museum akan lebih dikenang dengan membeli cinderamata yang bisa dihadiahkan kepada keluarga atau rekan anda. Anda dapat memilih berbagai macam cinderamata yang tersedia di toko souvenir di lantai dasar museum. Toko buku yang menjual buku-buku tentang museum juga tersedia di lantai dua.

Jumat malam di museum
Setiap hari Jumat museum tetap buka sampai jam 10 malam dan restoran dibuka dari jam 8 sampai jam 12 malam untuk menyajikan menu spesial beserta pemandangan malam Acropolis yang cantik. Untuk pemesanan tempat, anda dapat menghubungi restoran selama jam operasional museum.



Photo: Louisa Gouliamaki/Agence France-Presse — Getty Images



The Acropolis Museum:
15 Dionysiou Areopagitou Street, Athens 11472
E-mail: info@theacropolismuseum.gr
T: +30 210 9000900
Jam operasional:
-Hari Selasa -Kamis, Sabtu dan Minggu: jam 8 pagi sampai jam 8 malam
-Hari Jumat: buka jam 8 pagi sampai jam 10 malam
-Hari Senin: Tutup
-Hari libur nasional 1 Januari, Minggu Paskah, 1 Mei, 25 Desember dan 26 Desember: Tutup
Tiket masuk: 5 euro untuk umum
Pintu masuk:
-Untuk pengunjung umum pintu masuk melalui Jalan Dionysiou Areopagitou
-Untuk pengunjung rombongan yang naik bis tour pintu masuk melalui Jalan Mitseon. Titik keberangkatan bis tour berada di Jalan Hatzichristou

No comments:

Post a Comment