09 May 2012

Upacara Penyalaan Api Olimpiade London 2012


Pada tanggal 10 Mei besok, perjalanan Api Olimpiade London 2012 akan dimulai dari Kuil Hera, yang berada di situs Olympia Kuno, Yunani saat api dinyalakan dalam upacara khusus. Api akan melewati wilayah Yunani seperti Kreta, Piraeus, Thessalonica, Xanthi dan Larissa dan akhirnya tiba di Panathenaic Stadium, Athena tanggal 17 Mei sebelum didelegasikan kepada perwakilan penyelenggara Olimpiade London 2012.


Upacara yang sederhana tetapi penuh ketakziman ini dimulai di altar Kuil Hera, Olympia. Seorang aktris yang berperan sebagai pendeta wanita tertinggi dengan diiringi pendeta-pendeta wanita lainnya akan mengelilingi altar sambil menyerukan pujian untuk Apollo:
“Kesunyian yang Suci, biarlah langit, bumi, lautan dan angin bersuara. 
Gunung-gunung tetaplah diam, nyanyian dan kicau burung biarlah berhenti.
Apollo, dewa matahari dan cahaya terang, berikanlah cahayamu ke obor ini untuk menerangi kota London yang ramah.”


Kemudian sang pendeta tertinggi menjulurkan obor dari perak ke sebuah mangkuk cermin cembung yang berfungsi sebagai reflektor sinar matahari untuk menyalakan api dan memindahkannya ke sebuah mangkuk (amphora). Seorang pendeta wanita senior lainnya, Estiada, akan membawa mangkuk yang berisi nyala api itu ke stadion kuno Olympia yang berada di lokasi tersebut dengan diiringi pendeta-pendeta wanita lainnya. 


Sebelum tiba di stadion, mereka harus melewati Pohon Zaitun untuk berhenti sebentar di sana. Di tempat tersebut, seorang anak laki-laki yang kedua orangtuanya masih hidup, Amphithalis Pais, akan mematahkan sebatang ranting zaitun sebagai simbol perdamaian dan hadiah bagi sang pemenang.


Upacara masih berlanjut di dalam stadion, ketika pendeta tertinggi menyalakan obor dengan api dari mangkuk tersebut. Setelah dinyalakan, untuk pertama kalinya obor Olimpiade 2012 ini akan dibawa oleh Spyros Gianniotis, seorang atlit Yunani kelahiran Inggris, pemegang juara dunia renang 10 km.

Perjalanan Api Olimpiade menuju London pun telah dimulai. Upacara pembukaan Olimpiade London sendiri akan berlangsung pada tanggal 27 Juli 2012.


Video rekaman live upacara penyalaan api Olimpiade (full) bisa dilihat di link ini http://www.happensingreece.com/olympic-flame-ceremony-2012-video/


No comments:

Post a Comment