21 May 2012

Olympia, situs bersejarah Olimpiade

Maket Olympia kuno

Olympia merupakan situs bersejarah tempat diselenggarakannya Olimpiade Yunani Kuno setiap empat tahun sekali, yang merupakan cikal bakal Olimpiade modern. Olympia dibangun di atas padang rumput, di sebelah Utara Sungai Alphaios dan di sebelah Selatan Bukit Kronos. Di komplek situs tersebut banyak terdapat sisa-sisa bangunan yang dulunya dipergunakan untuk fasilitas penyelenggaraan Olimpiade. Selain itu terdapat komplek suci yang digunakan untuk pemujaan kepada para dewa, yang disebut Altis.

Di dalam kompleks Altis tersebut, anda akan melihat reruntuhan kuil yang selalu ramai dikunjungi orang di zaman lampau, yaitu Kuil Zeus. Kuil Zeus ini adalah salah satu bangunan yang paling megah di Olympia. Dahulu di dalam kuil itu terdapat patung Zeus yang terbuat dari gading dan emas, mahakarya dari pematung termasyhur Athena bernama Phidias. Dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan pembangunan kuil Zeus.


Kuil terbesar berikutnya adalah Kuil Hera, istri Zeus, yang merupakan bangunan kuil dengan gaya Doria tertua yang pernah ditemukan. Rangkaian daun dan bunga dahulu diletakkan di kuil ini sebelum diserahkan untuk sang pemenang Olimpiade. Bangunan lainnya yang masih tersisa di komplek suci Altis itu adalah Philippeion, bangunan melingkar bergaya Ionik yang dibangun untuk menghormati Philip II, raja Makedonia. 

Bila anda keluar dari komplek suci itu, anda akan melihat lokasi Stadium (untuk lomba lari) dan Hippodrome (untuk lomba pacuan kereta kuda) di sebelah Timur. Sementara di sebelah Barat terletak Palaistra (sekolah gulat) dan Gymnasium, tempat dimana semua peserta Olimpiade diwajibkan untuk berlatih sedikitnya selama satu bulan sebelum bertanding di tempat tersebut.

1.Gymnasium  2.Palaistra  3.Tembok di sepanjang sisi sungai Kronos  4.Kolam renang  5.Pemandian umum  6.Heron 
7.Theokoleon  8.Workshop Phidias  9.Leonidaion  10.Stoa/Pilar Selatan  11.Bouleterion  12.Pohon zaitun keramat
13.Kuil Zeus  14.Patung Nike Paionios  15.Pilar Oinomaos  16.Pelopion  17.Altar Zeus  18.Philippeion  19.Prytaneion
20. Kuil Hera  21.Altar Hera  22.Metron  23.Zanes (patung Zeus)  24.Tempat harta  25.Bukit Kronos  26.Stoa Echo 
27.Stoa Hestia  28.Bangunan Hellenistik  29.Stoa Agnaptos  30.Pintu peserta pacuan kuda  31.Hippodrome  32.Stadium 33.Crypt (gerbang lengkung menuju Stadium)  34.Altar Demeter Chamynne  35.Meja juri  36.Altar Meter  37.Tembok Altis







Stadium, lintasan yang dibuat untuk perlombaan lari, terbuat dari tanah liat dan membentang sepanjang 600 kaki (182,27 m). Ukuran panjang tersebut konon diukur dengan kaki-kaki Herakles, tokoh dari mitologi Yunani, yang mengukur sendiri dengan telapak kakinya sambil berjalan. Di ujung lintasan, ada sederet slab yang terbuat dari marmer sebagai batas penanda awal dan akhir perlombaan lari.

Stadium, panjangnya 600 kaki, yang konon diukur oleh kaki Herakles sendiri


Anda bisa mencapai situs Olympia Kuno ini dengan berjalan kaki 5-10 menit dari pusat kota Olympia modern ke arah Selatan. Karena biasanya jalan menuju ke situs ini padat dengan antrian bis wisata, jalan kaki adalah pilihan terbaik sehingga perjalanan anda akan lebih santai.

Kota Olympia cukup ramah bagi para wisatawan dengan menyediakan beragam fasilitas seperti hotel yang bagus, restoran dan toko cinderamata. Selain itu anda bisa bepergian ke pantai yang indah hanya dalam waktu setengah jam perjalanan. Jalan raya utama kota, Jalan Leoforos Kondili seolah-olah membagi kota ini menjadi dua bagian. 

Perjalanan dari Athena menuju Olympia membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam berkendara jadi lebih baik anda menyediakan waktu untuk menginap selama satu malam di Olympia. Dari Athena anda bisa naik bis umum dengan jurusan Pyrgos, kota terdekat dari Olympia. Lalu dari Pyrgos perjalanan anda dilanjutkan lagi dengan naik bis menuju Olympia.  Bis pertama berangkat dari Athena pukul 07.30 pagi menuju Pyrgos dan bis terakhir dari Pyrgos kembali ke Athena berangkat pukul 00.30.


Jangan lupa untuk mengunjungi Archaeological Museum of Olympia yang merupakan salah satu dari museum terpenting di Yunani. Koleksi yang dipamerkan oleh museum ini berupa penemuan hasil penggalian di komplek suci Altis, dari zaman prasejarah sampai masa-masa awal masuknya Kristen. Di antara koleksi museum yang sangat berharga adalah ornamen ukiran dari Kuil Zeus yang dibuat 5 abad SM. Salah satu ornamen ukiran menceritakan perlombaan kereta antara Pelops dan Oinomaos dengan di tengah-tengahnya terdapat sosok Zeus. Kisah Pelops dan Oinomaos bisa dibaca di blog ini. Sedangkan ukiran lainnya menceritakan penculikan perempuan Lapith oleh orang-orang Kentaurus dengan figur Apollo berdiri di tengah-tengahnya.

Koleksi-koleksi museum ini dipamerkan dengan sentuhan gaya modern. Penyusunan koleksi museum yang rapi berdasarkan urutan zaman, papan-papan informasi yang mudah dimengerti serta pencahayaan yang nyaman, membuat kunjungan ke museum ini menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anda dan keluarga anda.

Sumber artikel dari http://www.olympia-greece.org/
Sumber-sumber foto:
Foto Maket Olympia kuno dari http://en.wikipedia.org/wiki/File:Olympia_Model_1.jpg by Doreio, Peta Olympia dari http://www.richeast.org/htwm/Olympics/olympia.html by B. Huberty & S.Hudzik dan Foto Stadion di Olympia dari http://en.wikipedia.org/wiki/File:Stadio_Olimpia_2007.JPG by Klone 123

1 comment: