28 April 2012

Wisata ke Yunani itu murah


Yunani, salah satu negara Eropa yang terkena krisis ekonomi cukup parah memberi dampak pada pariwisata negara tersebut. Sebagian besar pelaku industri pariwisata negara tersebut terpaksa menurunkan harga. 

Akibat turunnya harga mulai dari tarif kamar hotel sampai paket wisata, malah membuat Yunani menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan negara-negara Asia yang tidak terkena dampak krisis. Panos Kouros, dari AtoZ Travel, sebuah biro perjalanan wisata dari Yunani, menuturkan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Yunani sebesar 15 persen di tahun 2011 dibanding tahun 2010.

“Semua harga jadi lebih murah. Hotel menurunkan harganya, restoran, dan lainnya. Akibatnya turis datang ke Yunani karena mencari destinasi di Eropa yang bisa menawarkan harga yang kompetitif,” tutur Kouros di sela-sela ASEAN Tourism Forum (ATF) TRAVEX, di Manado, Sulawesi Utara. Ia hadir di ATF TRAVEX sebagai buyer (pembeli) dalam ajang bursa pariwisata tersebut.

Sementara itu, lanjutnya, karena krisis ekonomi, terjadi penurunan jumlah warga Yunani yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Biro perjalanan wisata yang ia kelola biasa menangani perjalanan wisata warga Yunani yang ingin pelesir ke luar negeri, terutama ke negara-negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Orang Yunani, katanya, mencari destinasi-destinasi wisata yang eksotis dengan budaya yang kuat dan laut yang biru. Sehingga, tambahnya, Bali dapat menawarkan hal tersebut kepada orang Yunani. Menurutnya, Indonesia dan Yunani memiliki beberapa kesamaan. Kedua negara tersebut sama-sama merupakan negara kepulauan dan memiliki sejarah serta budaya yang kuat.

“Sampai saat ini permintaan ke Bali paling banyak adalah honeymoon. Saya punya paket-paket honeymoon di Bali. Bali terkenal di kalangan orang Yunani. Banyak yang bermimpi untuk bisa datang ke Bali,” tuturnya.

Sumber berita dari Kompas.com, 17 Januari 2012

4 comments:

  1. Murahnya berapa yah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murahnya relatif, besarannya juga berbeda-beda tergantung destinasi wisatanya di Yunani. Yang menjadi ukuran di sini adalah harga sebelum dan setelah krisis Euro melanda Yunani. Untuk harga penerbangan ke Yunani bisa dicek di http://www.wego.co.id/

      Delete
  2. kalo kesana kira-kira susah ga ya cari makanan halal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang di Yunani sulit untuk mencari makanan halal, biasanya makanan yang halal tersedia di restoran Pakistan atau Arab. Kalau tidak ketemu, alternatif lain pilih menu vegetarian atau buah-buahan.

      Delete