07 April 2012

Pameran Mesin Antikythera di National Archaeological Museum, Athena



National Archaeological Museum of Athens telah membuka pameran Temuan Kapal Karam Kuno Antikythera,  yang akan berlangsung dari tanggal 6 April 2012 sampai 28 April 2013. Salah satu artefak temuan yang dipamerkan adalah Mesin Antikythera (Antikythera Mechanism).

Apa itu Mesin Antikythera? Mesin ini adalah semacam komputer zaman kuno yang berasal dari 150-100 tahun Sebelum Masehi dengan susunan yang kompleks. Dahulu kala, mesin ini digunakan untuk menentukan posisi benda-benda langit, meramalkan gerhana matahari, serta sebagai alat pembantu navigasi. Dibuat kurang lebih seribu tahun lebih awal sebelum jam modern diciptakan oleh bangsa Eropa.

Mesin Antikythera terbuat dari perunggu, dengan tinggi 33 cm, lebar 17 cm dan tebal 9 cm. Mesin ini ditemukan tahun 1901, saat ahli arkeologi Valerios Stais memperhatikan ada semacam benda seperti roda gir yang menempel di bagian batu yang berasal dari bangkai kapal kuno.

Bangkai kapal itu sendiri ditemukan setahun sebelumnya oleh seorang penyelam pencari sepon di kedalaman 42 meter di lepas pantai pulau Antikythera. Pulau ini letaknya berada di antara pulau Kythera dan pulau Kreta.

Penelitian yang dilakukan lebih lanjut mengungkapkan tenyata mesin yang berat dan telah berkarat itu terdiri dari tiga bagian utama dan lusinan bagian yanglebih kecil. Di dalamnya terdapat teks tulisan terdiri dari 2000 karakter yang sebagian besar telah diterjemahkan artinya. Dengan mengunakan tekhnologi sinar X baru-baru ini, terungkap bahwa 82 bagian kecil di dalam mesin itu tersusun dari 30 buah roda gigi.
Video di bawah ini menjelaskan bagaimana komputer zaman kuno ini bekerja. Disusun oleh Andy Carol, insinyur dari perusahaan Apple hanya dengan menggunakan bahan plastik Lego.



Ini untuk pertama kalinya 378 buah artefak temuan dari bangkai kapal Antikythera dipamerkan untuk umum bahkan sebagian artefak bersejarah lainnya sama sekali belum pernah dipublikasikan. Jadi bila anda sedang bepergian ke Yunani jangan lewatkan untuk mengunjungi National Archaeological Museum di Athena untuk melihat pameran penemuan yang  mencengangkan ini.


No comments:

Post a Comment